Jumat, 12 Juni 2009

Blatter: Nilai Transfer Ronaldo Bisa Dimaklumi


Presiden FIFA, Sepp Blatter mengatakan, transfer besar-besaran yang dilakukan Real Madrid kepada Cristiano Ronaldo bisa dimaklumi. Itu menunjukkan bahwa sepak bola masih menjadi produk yang sangat berharga di tengah krisis global.Sebelumnya, Presiden UEFA, Michel Platini, mengecam nilai transfer pemain Manchester United itu. Menurutnya, nilai 80 juta pounds atau 94 euro (sekitar Rp1,3 triliun) termat besar dan bisa membuat sepak bola tak fair lagi.


Namun, Blatter berpandangan lain. Berbicara dalam temu pers di Afrika Selatan dalam persiapan Piala Konfederasi, Blatter mengatakan, "Apa bedanya transfer 80 juta pounds itu sekarang dengan sepuluh tahun lalu ketika Ronaldo (Brasil) ditransfer 50 juta dolar AS? Ini berarti masih ada permintaan tinggi kepada bintang-bintang sepak bola.""Kita memang sedang dalam situasi pasar yang sensitif, karena krisis ekonomi global. Tapu, sepak bola tetap menjadi produk fantastis. Tak hanya membeli atau menjual yang membuat orang meraih apa yang diinginkan, yakni emosi. Mereka memang membutuhkan bintang," jelasnya.Blatter kemudian membandingkan harga itu dengan harga karya seni lain. Para kolektor juga sering membeli karya seni dengan harga gila-gilaan."Sepuluh tahun lalu, sebuah lukisan dari (Pablo) Picasso berjudul 'Blue Period' terjual oeh Sothebys di London lebih dari 100 juta pounds.


Dan, apa yang terjadi dengan lukisan itu?" tanyanya."Mereka menyembunyikan lukisan itu di suatu tempat, sehingga tak seorang pun bisa mengambilnya. Tak ada yang bisa menikmatinya. Tapi, Anda bisa menyaksikan pemain sepak bola sekali atau dua kali dalam sepekan. Dia, sang bintang itu, ada di sana. Anda mungkin akan mengatakan bahwa ini terlalu mahal. Tapi, Anda harus menempatkannya dalam konteks bahwa sepak bola dalam masyarakat kita memang sangat berharga, seperti hal lainnya," katanya. (AP)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar